Kunjungi Ponpes Al Zaytun, Fakultas Dakwah Mendapat Banyak Wawasan

Indramayu-Fakultas dakwah telah berkesempatan mengunjungi Ponpes Al Zaytun di Indramayu (21/10). Kegiatan ini bermaksud mendapatkan inspirasi dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Kunjungan ini di ikuti oleh para pimpinan, dosen dan karyawan Fakultas Dakwah UIN Salatiga serta disambut langsung oleh Ust. Abdul Halim M.P. Sekretaris Lembaga Kesejahteraan Masjid, Masjid Rahmatan Li─żalamin (LKM MRLA), Dosen IAI AL-AZIS Ust. Ali Aminulloh, ME., dan beberapa staf pendidikan Kampus Al-Zaytun.

Sebagai pimpinan rombongan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Achmad Maimun, M.Ag menyampaikan bahwa hal ini menjadi keberuntungan bagi kami semua bisa berkumpul dan mendapat sambutan yang luar biasa dari ponpes zaytun.

“Perkembangan pondok sangat menyeluruh, bahkan akhir2 ini pondok mencoba pengembangan pertanian, seperti penyilangan tanaman pagi. Adapun program lain adalah pelelangan ikan dan pembuatan kapal perairan dalam untuk mencari ikan besar spt jenis ikan tuna. Hal ini menjadikan Ponpes Al Zaytun mandiri pangan untuk 1.105 siswa dan berstatus surplus hingga 3 tahun kedepan”. Ungkap Ust. Abdul Halim.

“Selain itu, demi pemberdayaan masyarakat sekitar, ponpes juga memberikan kesempatan dalam bentuk pertanian beras secara barter mengingat kebutuhan beras 1,2 ton per hari”, imbuh Ust. Abdul Halim. Pada sesi akhir kunjungan, rombongan Fakultas Dakwah diajak berkeliling pondok pesantren dan mesjid Rahmatan Li─żalamin yang berdiri di atas tanah 6,5 hektar, berukuran seluas 99 x 99 m berlantai 6 (enam), yang dapat menampung 150.000 jamaah.