Selesai, Kegiatan di Fakultas Dakwah Sudah Dirancang.

Foto Bersama seluruh dosen dan tenaga kependidikan setelah pembukaan kegiatan

Sebelum melakukan seluruh kegiatan di tahun 2020, Fakultas Dakwah IAIN Salatiga melaksanakan Workshop Pengembangan Program Studi dan Rapat Kerja di Griya Persada Convention Hotel & Resort, Bandungan, Kabupaten Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11-13 Maret 2020. Seluruh pimpinan terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Kabag dan Kasubbag hadir dalam kegiatan yang membahas tentang kegiatan dalam satu tahun ini.

Dekan Fakultas Dakwah menyampaikan bahwa kegiatan ini akan menghasilkan kerangka awal kegiatan fakultas. “Harapan saya kita dapat menghasilkan kegiatan yang bermanfaat bagi seluruh civitas akademika Fakultas Dakwah” ujar Dr. Mukti Ali M.Hum saat membuka acara. Selama 2 malam beberapa kegiatan dilakukan yaitu workshop pengembangan prodi, workshop penyusunan anggaran, penyusunan Term Of Reference kegiatan, dan penyusunan perjanjian kinerja.

Suasana saat kegiatan rapat kerja

Dr. Najahan Musyafak adalah narasumber pada kegiatan pertama. Asesor BAN-PT ini memberikan penjelasan tentang pengembangan prodi berbasis akreditasi 9 standar. “Biasanya pergantian kurikulum terjadi seiring dengan pergantian pimpinan” ungkap dosen pascasarjana UIN Walisongo tersebut. Sehingga menurutnya perlu ada upaya kolaborasi dan koneksi antar pimpinan dan dosen sehingga tercipta kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi.

Selain membahas persiapan akreditasi 9 standar, kegiatan ini juga menghadirkan Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan sebagai narasumber tentang penyusunan anggaran. Pembahasan ini berfokus pada kesiapan anggaran dalam pengembangan program studi. “Fakultas Dakwah memiliki peluang pasar yang seksi sekarang ini, karena banyak peminat” ucap Dr. Agus Waluyo, M.Ag. Menurutnya ada satu program studi di Fakultas Dakwah yang akan menjadi fakultas yaitu Psikologi Islam. Kemudian beliau juga menuturkan sekarang seluruh laporan penelitian harus berbasis outcome (dampak).

MC saat memandu acara penutupan

Selain menyelesaikan Term Of Reference kegiatan pada agenda selanjutnya, seluruh dosen juga menyusun dan menyepakati perjanjian kinerja (perkin) Fakultas Dakwah. Perkin dimaksudkan untuk membuat target yang akan dicapai selama satu tahun. Sebelum ditutup, laporan akhir kegiatan ini disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan. “Saya sampaikan terima kasih karena semua kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, semoga kegiatan yang kita susun bisa efektif dan bermanfaat.” Ujar Drs. Bahroni, M.Pd