Mahasiswa KPI Berlatih Mobile Education

Foto Bersama di tengah kegiatan

Semarang- Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2017 IAIN SALATIGA mengikuti pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis mobile device(handphone) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK). Pelatihan yang di ikuti 27 mahasiswa terdiri dari 21 mahasiswi dan 6 mahasiswa. Kegiatan ini merupakan pelatihan yang berhubungan dengan salah satu tugas dan fungsi BPMPK untuk memberikan layanan fasilitasi pengembangan media berbasis TIK .

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 1-2 November 2019 bertempat BPMPK, Pakintelan, Gunung Pati, Semarang. Pelatihan yang di dampingi oleh Adhi Tri Ardiyanto dan Nugroho Purwo Utomo memaparkan bagaimana cara membuat media pembelajaran yang sederhana, kreatif, inovatif, dan edukatif sehingga siswa yang menerima pembelajaran akan tertarik dengan mudah hingga dapat memahami apa yang disampaikan dari suatu pembelajaran itu.

Mahasiswa belajar Mobile Education di Laboratorium Komputer BPMPK

Hari pertama mahasiswa di  berikan materi bagaimana mengoperasikan, menggunakan, dan memanfaatkan aplikasi SmartAppsCreator (SAC) yang merupakan software utama dalam pembuatan aplikasi pembelajaran. Dilanjut hari kedua mahasiswa sudah dituntut untuk mencoba dan bisa membuat aplikasi pembelajaran dengan tema “Jelajah Angkasa”.

“jangan takut salah dalam mencoba, salah dalam mencoba adalah hal yang biasa. Hasil dari dua hari ini mahasiswa KPI diharapkan dapat membantu mengembangkan multimedia dalam pemanfaatan handphone yang tidak hanya dapat digunakan sebagai media komunikasi dan hiburan tetapi juga sebagai media edukatif, maka feedback dalam pelatihan dituntut tidak hanya berhenti untuk diri sendiri tetapi untuk disalurkan ke masyarakat luas agar dimanfaatkan sebaik mungkin. Ini adalah sebuah ketrampilan, harus diasah, jangan sampai menguap.” Ujar Adhi Tri Ardiyanto (PTP BPMPK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *