Progdi Psikologi Islam Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Laksanakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi

PABELAN—Program Studi (Progdi) Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, melaksanakan pengabdian masyarakat di Mts Al Ittihad Semowo, Kec. Pabelan, Kab. Semarang, sebagai kewajiban menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi (14/10).

Pengabdian masyarakat dilaksanakan selama satu hari dan diikuti 90 siswa dari kelas IX. Kegiatan ini berisi tes atau ujian psikologi, dimana para siswa diberikan lembar kertas yang berisi penelusuran minat dan bakat. Tujuannya untuk memberi pengarahan kepada siswa supaya tidak salah memilih sekolah atau minat yang dimiliki.

Kepala sekolah Mts Al Ittihad, M.Rofiq mengucapkan terimakasih kepada IAIN Salatiga karena memilih Semowo sebagai lokasi pengabdian. “Sangat senang karena itu yang kami nanti-nanti. Selain mencetak siswa-siswi untuk mencintai Al Quran dan mengamalkannya, sekolah kami juga masih perlu bimbingan psikologi untuk menunjang pribadi siswa supaya lebih peka terhadap kondisi sosialnya,” katanya saat memberikan sambutan pembukaan.

Dekan fakultas dakwah yang diwakilkan Ahmad Maimun, selaku wakil dekan I membuka secara resmi pengabdian dengan mengucap basmalah bersama. “Untuk menjalankan tugas perguruan tinggi dan psikologi islam, fakultas dakwah melibatkan empat dosen penguji, diharapkan bisa maksimal memberikan pengarahan kepada para siswa, karena hanya satu hari saja pelaksanaanya,” tambahnya. Selain terjun langsung ke sekolah-sekolah, fakultas dakwah juga berencana menyambangi masyarakat yang ada di Salatiga dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *